Jam

Email

diskominfo@tangerangselatankota.go.id
    
                        
    
                        
    
    					
    
                        
    
                        
    
    					
                        
    
                        
    
    					
    
                

HALAMAN BERITA

Ribuan Orang Meriahkan Pawai Taaruf MTQ Ke-5 di Ciputat

CIPUTAT, Ajang lomba Musbaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-5 Tingkat Kota Tangerang Selatan digelar dan Kecamatan Ciputat kali ini ditunjuk menjadi selaku tuan rumah. Kegiatan tahunan yang dijadwalkan berlangsung pada 28-31 Oktober 2014 ini begitu mendapat respon luar bias.
Faktanya, ribuan warga dari berbagai elemen tampak antusias berpartisipasi menyemarakan acara.Rangkaian acara pembukaan secara resmi dari lomba MTQ ke-5 ini diawali dengan pagelaran pawai taaruf. Rute diawali dari Perempatan Duren, Jalan Tegal Rotan, Pertigaan Bintaro menuju panggung kehormatan di depan kantor Kelurahan Sawah, Ciputat.

Radius jaraknya sekitar satu kilometer. Sekitar 2.000 orang yang terdiri dari unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tokoh masyarakat dan para pelajar se-Kota Tangerang Selatan turut ikut memeriahkan acara tersebut.

“Untuk SKPD yang terbagi dalam lima rombongan, yaitu rombongan Asda (Asisten Daerah) I, II dan III menggunakan mobil hias dengan mengenakan pakaian seragam yang berbeda dari tiap-tiap rombongan,” kata Ketua Panitia MTQ ke-5 Tingkat Kota Tangerang Selatan, Ismunandar, Senin, 27 Oktober 2014.

Pasukan berkuda dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat. Di depan panggung Walikota Tangsel, pasukan berkuda sempat melakukan salam penghormatan. Kemudian dibelakangnya berbaris rapi pasukan Paskibra Kota Tangerang Selatan yang membawa bendara Merah Putih, dan berbagai barisan dari unsur lain.

Ada yang menarik, ketika pawai memasuki pada barisan utusan masing-masing kecamatan yang ada di Tangerang Selatan. Masing-masing menonjolkan kelebihan masing-masing, seperti penampilan kesenian Reog Ponorogo yang diperankan warga Pondok Aren. Kemudian disusul kesenian pencak silat, yang diperankan anak-anak dari kecamatan yang sama.

Menurut Ismunandar, ada 8 kategori dengan 24 golongan yang turut diperlombakan. Seperti Tilawah Al Quran, Hifzh Al Quran, Tafizh Al Quran, dan berbagai cabang lain. Lomba ini dibagi kedalam 10 arena lomba, dengan total peserta 378 orang yang mewakili tujuh kecamatan.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan perhelatan MTQ ke-5 tingkat Kota Tangsel jangan hanya dijadikan sebagai ajang seremonial saja. Masyarakat, kata dia, harus memaknai dan mengaplikasikan pelaksanaan MTQ tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Di lokasi yang sama, Camat Ciputat Deden Juardi menargetkan juara umum pada perhelatan MTQ tahun 2014 itu. Terlebih, Deden mengaku persiapan sudah dilakukan sejak Februari 2014 lalu. "Persiapan kami panjang," kata Deden usai pawai taaruf.

Target Deden bukan tanpa alasan. Pada perhelatan MTQ sebelumnya, kontingen dari Kecamatan Ciputat sukses menyabet juara dua dalam pawai taaruf dan juara ketiga dalam pelaksanaan MTQ. "Ini sebagai modal kami," kata dia, seraya berharap pelaksanaan MTQ di Ciputat bisa berjalan lancar dan sukses.

sumber