Jam

Email

diskominfo@tangerangselatankota.go.id
    
                        
    
                        
    
    					
    
                        
    
                        
    
    					
                        
    
                        
    
    					
    
                

HALAMAN BERITA

Anggrek di Ciputat Timur Berada Tingkat Nasional

CIPTIM, WEB TANGSEL-Posyandu Anggrek yang terletak di Jalan Jambu RT 04 RW 05, Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, siap bersaing dalam lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan. Tempat pelayanan kesehatan dasar ini diakui begitu memiliki peranan penting untuk mencetak generasi yang tumbuh sehat dan cerdas.

 Walikota Airin Rachmy Diani, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader pos yandu yang telah berperan aktif dalam kegiatan upaya menyehatkan masyarakat. Apresiasi itu patut diberikan kepada para kader atas jasa membangun jalannya pelayanan pos yandu di masing-masing lingkungan wilayah.

 “Terima kasih kepada para kader yang telah hadir dalam acara ini yang telah bahu-membahu. Para kader posyandu terlihat begitu semangat, kita patut apresiasi” kata Walikota Airin saat acara penilaian, awal pekan kemarin.

 Menurut Walikota Airin, saat ini di wilayah Kota Tangerang Selatan sudah berdiri 805 unit pos yandu. Ia berharap, para kader bisa terus melakukan peranannya di masing-masing wilayah. Melalui tempat layanan kesehatan di posyandu yang digerakan oleh kader kesehatan, disosialisasikan terus kepada masyarakat bahwa pola prilaku hidup bersih dan sehat sangat penting.

 Begitu juga peran bidan dari puskesmas yang selalu mendampingi para kadernya dalam membina wilayah. Walikota Airin jelaskan, program bina wilayah dengan satu pembina wajib memantau 20 keluarga di lingkungannya masing-masing sangatlah efektif. “Dengan demikian mampu melakukan deteksi dini kepada warga, baik tengah malam bila ada yang membutuhkan pertolongan bisa langsung dilakukan penanganan dengan dibawa ke puskesmas terdekat,” jelasnya.

 Walikota Airin menambahkan, belakangan ini terus berkembang wacana bahwa pos yandu hanya untuk kepentingan kesehatan semata.

 Namun, seiring berjalan kebutuhan mendasar pos yandu juga menjadi sarana dan tempat bermain anak-anak, seperti TK atau PAUD dan kegiatan lainya yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

 Oleh sebab itu lahirnya pos yandu merupakan bagian upaya untuk menciptakan tempat yang sehat bagi anak-anak, baik untuk tempat bermainya sekaligus tempat untuk belajar. “Di pos yandu terpadu boleh melakukan kegiatan apa saya selagi bermanfaat bagi untuk kepentingan masyarakat umum," tambahnya.

 Di tempat sama, Ketua Tim Penilai Lomba Pos yandu, Susi Subekti, merasa senang bisa hadir di Kelurahan Cempaka Putih, Kota Tangerang Selatan. Meski bukan hal mudah untuk meraihnya, ia berharap Pos yandu Anggrek mampu menjadi nominasi juara nasional. Namun, semua upaya yang telah dilakukan itu membuktikan kekompakan dan kerja keras yang dilakukan oleh para kader serta SKPD lain yang terkait.

 “Bangga saya bersama tim mampu menyambangi Posyandu Anggrek di Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan," terang Susi. Ia juga memuji saat kedatanganya disambut sekian banyak para kader dengan seragam dan kekompakan luar biasa. Dari situlah dirinya merasakan decak kagum melihat semangat seluruh kader.

 Sambutan amat meriah dirasakan oleh dirinya dan tim penilai. Bukti dari kekompakan terwujud dari keseriusan dalam menjalankan tugas sebagai kader pos yandu. “Saya kaget ketika tiba langsung disambut sekian banyak para ibu-ibu dengan seragam rapi-rapi dan kompak, begitu luar biasanya, saya sangat terima kasih sudah disambut dengan meriah,” ujar Susi.

 Acara ditutup dengan sambutan Ketua Pos yandu Anggrek, Darmi Syafiah Gani, yang menjelaskan bahwa peran kader amatlah penting. Tanpa ada kader, pemerintah tak akan mampu menciptakan kesehatan masyarakat secara merata dan komprehensif. "Dengan demikian tentunya kita mengharapkan jadilah posyandu yang terintegrasi," jelas Darmi.

(sumber website kota tangerang selatan)