Jam

Email

diskominfo@tangerangselatankota.go.id

BERBAGAI PRODUK UKM MERAMAIKAN PERINGATAN HARGANAS XXII

SERPONG, WEB TANGSEL-Pengukuhan pengurus Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Banten dan Kota Tangerang Selatan periode 2015-2020 menambah semarak rangkaian kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXII oleh Ketua Umum Mufidah Jusuf Kalla. Pada kesempatan itu Ibu Wakil Presiden (Wapres) juga membuka stand pameran pembangunan yang memamerkan beragam hasil kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) dari berbagai daerah se-nusantara.

Pantauan WEB TANGSEL, setibanya di stand pameran Ibu Mufidah tampak terpesona dengan kecantikan komoditas tanaman hias bunga anggrek yang dikelola UKM di Kota Tangerang Selatan. Ada satu jenis kekayaan plasma nuftah yang membuatnya terkesima, yakni varietas jenis anggrek Vanda Douglas warna ungu begitu eksotis.

“Kami pun menjadi salah satu wilayah utama penyumplai bunga anggrek ke Pasar Rawa Belong. Dan anggrek Vanda Douglas juga sudah menjadi identitas wilayah kami Bu,” terang Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany ketika mendampingi di Lapangan Sunburst, Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kamis 30 Juli 2015.

Menanggapi penjelasan Walikota Airin, Ibu Mufidah pun memberikan motivasi kepada para pelaku UKM tanaman hias bunga anggrek yang meramaikan pameran. Menurutnya, untuk memelihara tanaman hias ini perlu hobi dan ketekunan. “Memang susah-susah gampang melihara anggrek. Tapi kalau sudah hobi silahkan tekuni, karena punya nilai ekonomis yang tinggi juga,” terang Ibu Mufidah.

Pada kesempatan itu Ibu Mufidah mendapatkan cinderama berupa satu pot bunga anggrek dari salah satu stand pameran. Selain meninjau stand pameran bunga anggrek, Ibu Mufidah bersama rombongan pejabat tinggi negara dan daerah lainnya juga menyambangi stand-stand pameran. Ada beragam jenis produk unggulan hasil kerajinan tangan para pelaku UKM yang bentuknya begitu bagus dan memikat.

Di tempat yang sama, Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat - Erna Tjahyo Kumolo mengatakan, pameran seperti ini digelar setiap tahun bertepatan dengan perayaan Harganas. Pameran produk UKM dapat menjadi pembelajaran dan memacu minat usaha serta ajang promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini bisa meningkatkan usaha mikro guna memasarkan produk dengan membangun yang lebih luas kualitas dan kuantitasnya,” terang Erna. Seperti halnya produk batu mulia yang juga turut dihadirkan untuk menyemarakan penyelenggaraan Harganas ke-XXII ini.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Surya Chandra Surapaty menjelaskan, titik sasaran digelarnya program ini merupakan perwujudan dalam upaya subyek dan obyek sebuah keluarga. Keluarga memiliki peran utama dalam menyamai cita-cita luhur bangsa dengan kualitas kecil sejahtera, tangguh dan mandiri.

“Keluarga bisa berperan membentuk anak untuk bisa meraih cita-cita melalui pendidikan yang tinggi demi tercapainya karir yang sukses,” terang Surya. Sebaliknya, Surya bilang, apabila yang diinginkan dan dicita-citakan tidak terlaksana, maka harapan membentuk keluarga mandiri dan sejahtera sulit terwujud. Ia berharap semoga hal itu tidak terjadi.

“Pameran dan gelar dagang ini sebagai bentuk nyata antarkomunitas dan antarlembaga. Insya Allah terkait dengan masalah ekonomi nasional yang sedang kita hadapi, semoga kesulitan ekonomi dapat segera terselesaikan. Semoga dapat menjadi peningkatan yang lebih baik lagi,” terangnya.

Pada kesempatan itu pun turut diumumkan daerah yang menjadi juara dalam beragam kegiatan. Sedangkan Kota Tangerang Selatan selaku tuan rumah Harganas ke-XXII Tahun 2015 berhasil meraih gelar juara pertama dalam ajang lomba Prilaku Hidup Bersih Rumah Tangga di kategori Pakarti Madya 2.(bpti-ts)

SUMBER