Jam

Email

diskominfo@tangerangselatankota.go.id
    
                        
    
                        
    
    					
    
                        
    
                        
    
    					
                        
    
                        
    
    					
    
                

HALAMAN BERITA

Peresmian TangselKota-CSIRT

Mengatasi Ancaman Digital, Tangsel Resmikan TangselKota-CSIRT

Senin, 22 November 2021

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie saat meresmikan CSIRT di Puspemkot Tangerang Selatan, Banten, Senin (22/11/2021).

Ciputat - Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie secara resmi melaunching TangselKota CSIRT (Computer Security Incident Response Team) yang diselenggarakan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, Senin, (22/11).

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menyampaikan maksud diresmikannya tim CSIRT yang merupakan upaya Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam mengatasi ancaman di bidang teknologi informasi.

“meningkatnya jumlah serangan siber merupakan ancaman serius terutama pada organisasi yang bergerak di bidang teknologi informasi dan termasuk kita di dalamnya, dengan ini pemerintah mempunyai maksud dilaunchingnya tim CSIRT ini” Jelas Benyamin.

Ia juga menegaskan bahwa tim CSIRT ini penting bagi kelangsungan pembangunan di Tangerang Selatan secara keseluruhan terutama pada bidang teknologi.

Untuk diketahui, sesuai laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan Fuad saat peresmian launching CSIRT, ia menyampaikan dalam satu bulan situs resmi Pemerintahan Kota Tangerang Selatan mengalami penyerangan sebanyak ratusan kali.

”Bahkan pernah dalam satu bulan, percobaan peretasan hingga jutaan kali,” ujar Fuad.

Menyadari hal tersebut, ia bersama anggota tim menetapkan CSIRT merupakan tim yang sangat dibutuhkan dalam rangka upaya pencegahan peretasan di lingkungan Pemkot Tangsel.

CSIRT Kota Tangerang Selatan sendiri adalah yang pertama di Provinsi Banten dan untuk seluruh Indonesia Tangsel adalah yang ke-dua. Untuk itu, Eneng Nurcahyati Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten berharap seluruh Kabupaten dan Kota lain bisa melakukan hal yang sama seperti Kota Tangsel.

”Terakhir yang kami ketahui, Kabupaten Tangerang juga sedang melakukan persiapan untuk melaunching hal yang sama. Karena itu, kepada Tangsel kami memberikan apresiasi,” ujar dia.

Dukungan serta apresiasi juga diberikan oleh Hasto Prastowo selaku Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, ia menyampaikan bahwa pembentukan CSIRT sejalan dengan penerapan system pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).