Jam

Email

diskominfo@tangerangselatankota.go.id

Tangselpay Solusi Fintech Dalam Masa Pandemi Covid-19

Tangerang Selatan - Pandemi Covid-19 telah menyita perhatian seluruh kalangan, mulai dari instansi pemerintah, hingga masyarakat. Banyak sektor dan industri yang berdampak karena adanya virus ini. Salah satu yang paling berdampak adalah pada Sektor Ekonomi. Penyebaran COVID-19 yang cepat memang merubah interaksi antara pelaku bisnis dengan pelanggan (Septina, 2020). 

Adanya regulasi pemerintah terkait wabah pandemi Covid-19 ini membuat sejumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk berpikir secara kreatif agar usahanya tetap berjalan. E-commerce merupakan salah satu platform yang menjadi pilihan setiap pelaku usaha selama pandemiini berlangsung. Hasil survey yang dilakukan oleh Sea Insights pada Juni 2020 pada 20.000 anak muda berusia 16-35 menyatakan bahwa 45% pelaku usaha memilih dan lebih aktif berjualan melalui e-commerceselama masa pandemi Covid-19. 

Dalam situasi ini, diyakini menjadi salah satu momentum yang pas bagi UMKM untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya serta menjadi metode yang dapat mengurangi cluster penyebaran Covid-19. Tercatat setidaknya  mencapai 51% pelanggan baru belanja onlineselama Pembatasan Berskala Besar (PSBB).

Peranan uang tunai pun mulai tergantikan seiring dengan berkembangnya teknologi. Transaksi pembayaran dengan sistem non tunai atau cashless  yang menjadi  pilihan masyarakat dalam melakukan transaksi. Transaksi non tunai dianggap lebih mudah, cepat, dan praktis terlebih dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan dengan ini menyediakan aplikasi Tangselpay yang sedang dikembangkan sebagai alat Pembayaran Retribusi, Multi Payment, serta Pembayaran Pajak. Aplikasi ini dapat diunduh melalui  Playstore dan App Store. Masyarakat dapat menikmati berbagai fitur layanan yang tersedia di aplikasi tersebut seperti Belanja (E-commerce), pembayaran makanan dan minuman, Listrik PLN, hingga Retribusi dan Pajak. Tangselpay juga bekerjasama dengan bank setempat serta menyediakan fasilitas program Kredit Tanpa Anggunan (KTA).

Melalui aplikasi ini masyarakat dapat menerima bantuan uang dari pemerintah yang akan disalurkan melalui aplikasi Tangselpay. Nantinya, dana bantuan tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan melakukan transaksi melalui Tangselpay. 

Aplikasi ini juga membantu masyarakat untuk melihat pengelolaan pajak dan retribusi yang transparan. Hadirnya aplikasi Tangselpay diharapkan memberikan unsur kepraktisan dalam masyarakat serta menumbuhkan UMKM dan ekonomi kreatif lainnya. Melalui Tangselpay, pemerintah berharap masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi tersebut agar dapat menghindari keramaian sehingga meminimalisir penyebaran Covid-19.