Jam

Email

diskominfo@tangerangselatankota.go.id

Tangsel Fasilitasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Tangerang Selatan – Persebaran virus Covid-19 memberikan dampak yang besar pada segala bidang di Indonesia. Salah satu bidang yang terpengaruh dengan adanya pandemi ini adalah dunia pendidikan. Adanya regulasi dari pemerintah mengenai kebijakan physical distancing tentu mempengaruhi sistem belajar mengajar di Indonesia. Akibatnya, siswa dan guru tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka.

Pembelajaran daring menjadi metode yang dipakai untuk mengurangi persebaran virus Covid-19 ini. Sistem pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dengan siswa yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet. Metode ini dapat dilakukan dengan cara video call yang dilakukan antara guru dan murid melalui perangkat elektronik masing-masing. 

Pemerintah Kota Tangerang Selatan memberikan opsi metode belajar daring menggunakan Aplikasi Tangsel Belajar. Aplikasi ini dapat membantu khususnya warga Tangerang Selatan untuk belajar bahasa inggris gratis secara online melalui video call antara pengajar dengan murid. Tenaga pengajar yang digunakan adalah para native speaker sehingga masyarakat dapat belajar secara maksimal. 

Aplikasi ini tidak hanya diperuntukan untuk anak sekolah saja, melainkan seluruh masyarakat Tangerang Selatan juga bisa menggunakan aplikasi Tangsel Belajar. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store dan IOS serta masyarakat juga dapat mengakses melalui website resmi Tangsel Belajar. Setelah mengunduh aplikasi Tangsel Belajar, pengguna akan diminta memasukan NIK yang tertera di KTP. Nantinya, pengguna dapat memilih jadwal dan akan disuguhkan dengan tutorial cara menggunakan Aplikasi Tangsel Belajar. Pengguna juga akan di tes terlebih dahulu untuk mengetahui sampai sejauh mana pengetahun yang dimiliki. Hasil tes tersebut akan menempatkan pengguna pada level pembelajaran yang sudah disediakan. Diakhir pertemuan juga akan diberikan tes akhir untuk mengetahui kemampuan siswa setelah belajar menggunakan aplikasi Tangsel Belajar. Setiap siswa akan diberikan jatah 24 kali pertemuan.

 Pemerintah berharap melalui aplikasi ini, dapat membantu masyarakat khususnya warga Tangerang Selatan yang ingin belajar bahasa inggris. Tujuannya agar masyarakat siap bersaing dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Serta dengan adanya pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi warga yang tetap ingin belajar khususnya belajar bahasa inggris.